Atasi Kerontokan Rambut dengan Perawatan Rambut Alami Berikut Ini!

Tampilan seseorang yang sempurna, tak hanya melibatkan wajah yang bersih, tetapi juga rambut yang sehat dan kuat. Pada kenyataannya, banyak orang yang menyepelekan perawatan rambut yang benar sehingga kerontokan dan kerusakan yang terjadi akhirnya dianggap hal yang biasa. Padahal apabila masalah kerontokan dan kerusakan rambut dibiarkan, hal itu dapat menyebabkan kebotakan pada rambut Anda. Penyebab rambut rontok sebenarnya cukup bervariasi, mulai dari kekurangan zat besi, perubahan hormon dalam tubuh, kulit kepala bermasalah, perawatan rambut tidak sesuai, hingga akibat konsumsi obat-obatan. Apapun itu, rambut rontok berlebihan tentunya akan sangat mengganggu aktivitas. Saat ini, ternyata perawatan rambut rontok juga dapat dilakukan sendiri di rumah dengan menggunakan bahan-bahan alami.

Penasaran dengan bahan-bahan apa saja yang dapat anda gunakan serta bagaimana cara penggunaannya? Berikut ulasannya!

  1. Lidah buaya

Lidah buaya atau dikenal dengan sebutan aloe vera merupakan tanaman rumahan yang multifungsi bagi rambut. Tanaman ini akan membantu mengatasi kerontokan rambut dengan cara menyeimbangkan ph rambut dengan kulit kepala. Cara penggunaannya sangatlah mudah, Anda cukup menggunakan satu buah lidah buaya yang telah dicuci bersih lalu belah menjadi dua bagian sama lebar. Setelahnya, aplikasikan gel lidah buaya secara merata pada kulit kepala lalu pijat selama 15 menit. Setelahnya bilas rambut dengan air. Gel yang dihasilkan tanaman ini akan memicu pertumbuhan rambut sehingga apabila digunakan secara rutin akan sangat mengurangi kerontokan rambut yang Anda alami.

  1. Teh hijau

Siapa yang tak mengenal teh hijau? Ya, bahan alami yang kaya manfaat untuk kesehatan dan kecantikan ini ternyata juga dapat digunakan untuk mengatasi kerontokan rambut. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin dan aktioksidan di dalam teh hijau dapat membantu menghentikan kerontokan rambut yang berlebihan serta merangsang pertumbuhan rambut baru pada kulit kepala. Selain itu, kandungan teh hijau juga akan melindungi rambut dari efek buruk sinar matahari. Adapun cara penggunaannya adalah rebus tiga sendok makan atau tiga kantong teh hijau kemudian saring airnya. Gunakan untuk membilas rambut setelah menggunakan shampoo dan lakukan dua kali seminggu untuk hasil yang diharapkan.

  1. Daun Ketumbar

Daun dari bumbu dapur satu ini ternyata juga berkhasiat untuk mengendalikan rambut rontok serta membantu meningkatkan pertumbuhan rambut. Adapun cara membuatnya adalah Anda cukup menggiling atau mengulek daun ketumbar segar kemudian saring airnya. Setelahnya oleskan pada rambut kemudian diamkan selama kurang lebih 1 jam. Lalu cuci rambut menggunakan shampoo. Untuk hasil yang maksimal, lakukan perawatan rambut alami ini sebanyak 2 kali seminggu.

  1. Kentang

Apabila bingung tentang bagaimana cara mengatasi rambut rontok anda, mungkin kentang bisa menjadi solusinya. Ya, kandungan kalium yang ada pada tanaman kentang akan membantu dalam mengatasi kalium pada kulit kepala yang menjadi penyebab rambut rontok. Adapun cara pembuatannya adalah kupas kentang kemudian giling lalu peras untuk mengumpulnya sarinya. Setelahnya campurkan madu ke dalam sari kentang tersebut lalu oleskan ke rambut sebagai masker. Diamkan selama kurang lebih 15 menit lalu bilas dengan shampoo.

  1. Minyak kelapa

Minyak kelapa sudah sangat dikenal sebagai bahan perawatan rambut alami terutama untuk mengatasi kerontokan rambut. Kandungan mineral yang kaya didalamnya membantu untuk mengatasi kerontokan dan berbagai permasalahan kulit kepala lainnya. Anda cukup mengoleskan minyak kelapa pada rambut lalu pijat sebentar setelahnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *