Yoga Untuk Para Pemula Agar Bisa Lancar Berolahraga Pernafasan Ini

Dengan rutinitas sehari-hari yang kita lakukan membuat badan kita terasa lelah dan pikiran menjadi stres. Coba lakukan yoga, sambil berolahraga menyehatkan badan kita dapat merilekskan pikiran kita. Yoga merupakan olahraga yang berfokus pada tubuh dan pikiran pada kekuatan, pernapasan, dan fleksibelitas agar kualitas menta dan fisik dapat meningkat.

Yoga Untuk Para Pemula Agar Bisa Lancar Berolahraga Pernafasan Ini

Ada dua komponen utama pada yoga yaitu postur tubuh atau gerakan dan pernapasan. Olahraga ini sendiri bermakna sebagai penyatuan diri dengan alam yang ada dalam 6 ajaran dalam filsafah hindu yang memberatkan pada meditasi dimana orang dapat memusatkan pikiran untuk mengontrol dan seluruh organ tubuh. Pada prakteknya olahraga pernafasan telah dilakukan semenjak 5000 tahun lalu di India dan kemudian diadaptasi dengan berbagai macam variasi.

Selain untuk sarana berolahraga untuk kesehatan tubuh, senam pernafasan ini juga memiliki berbagai macam manfaat yang lain. Dengan yoga anda akan lebih merasa rileks, mengurangi resiko apabila anda menderita penyakit kronis, memperkuat tubuh dan membangun fleksibilitas, menjaga dan meningkatkan keseimbangan, memperbaiki postur tubuh, meningkatkan masa otot tubuh, dan dapat juga menurunkan berat badan.

Baca Juga  : Peralatan yang Harus Disiapkan untuk Melakukan Yoga  

Buku dan video sekarang ini sudah mudah didapatkan, namun bagi pemula olahraga ini sebaiknya mendapat bantuan oleh instruktur yang bersertifikasi. Jika anda mengikuti kelas dengan peserta yang lain maka akan mendapatkan bantuan gerakan yoga. Studio atau pusat kebugaran biasana menawarkan kelas untuk pemula lalu anda harus memilih pelatih dan tempat yang menghindarkan anda dari cidera.

Pada kelas yoga tidak ada batasan usia pasti dalam memulai senam ini. Biasanya akan digolongkan sesuai dengan umur saat masuk kelas karena ada golongan usia 50 tahun ke atas yang baru melakukan dengan gerakannya disesuaikan dengan umur peserta. Olahraga ini diperuntukan bagi seluruh lapisan orang dari tingkat pemula hingga profesional namun tahapan, jenis, dan postur juga disesuaikan kembali. Jika anda seorang pemula anda bisa mengikuti hatha yoga dimana pada yang satu ini rangkain  posturnya lebih sederhana dan direkomendasikan untuk pemula.

Sebenernya senam olahraga ini memiliki resiko yang kecil untuk cedera namun apabila anda adalah seorang pemula akan lebih disarankan melakukannya dengan instruktur yang memiliki sertifikat dan ditempatkan sesuai dengan kemampuan anda. Olahraga seperti ini juga dapat dilakukan oleh semua orang kecuali dimana peserta dari berbagai macam kondisi tertentu seperti wanita hamil, pengidap hernia, gangguan pembekuan darah, penurunan fungsi tubuh, osteoporosis tingkat lanjut, gangguan pada tekanan darah, gangguan pada mata, dan gangguan pada keseimbangan dihindarkan melakukan beberapa postur tertentu.

Jenis dari yoga pun bermacam-macam, jadi untuk memaksimalkan kebutuhan dan sesuai dengan kondisi badan dan tubuh anda pilih salah satunya. Pada umumnya orang akan memilih hatha bagi pemula dan orang pada umumnya, selain itu ada jenis yang lain seperti Iyengar, Ashtanga, Bikram, Kundalini, dan Kripalu.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *