Lagu Terbaru Indonesia

Dunia musik Indonesia seolah tidak pernah tidur. Musisi-musisi Indonesia silih berganti mengeluarkan lagu atau bahkan album baru. Musik pop bahkan tidak lagi jadi pelumas bagi industri musik Indonesia. Sebab, musisi Tanah Air kini semakin kreatif dalam bereksperimen dengan banyak genre sehingga khazanah musik Indonesia pun semakin kaya.

Tahun 2018 ini, banyak solois maupun band yang sudah merilis lagu hingga album mereka. Kebanyakan masih mengandalkan beat yang asyik, belum berani (atau mungkin tak terpikirkan?) untuk bermain-main dengan sentuhan musik klasik. Dari sekian lagu terbaru Indonesia yang beredar di berbagai platform streaming musik, inilah 3 grup band Indonesia yang lagu-lagu terbarunya bisa coba kamu dengarkan.

1. Barasuara

Barasuara adalah sebuah grup musik yang beranggotakan Iga Masardi (vokal/gitar), TJ Kusuma (gitar), Gerald Situmorang (bass), Marco Steffiano (drum), Asteriska (vokal), dan Puti Chitara (vokal). Barasuara merilis album pertama berjudul Taifun pada tahun 2015.

wikimedia.org

Tahun ini, Barasuara mengeluarkan lagu baru berjudul “Guna Manusia”. Dilihat dari akun resmi Barasuara di situs Youtube, lagu Guna Manusia diunggah pada 20 September 2018 dan telah ditonton sebanyak 100 ribu lebih per 5 Oktober 2018. Liriknya ditulis oleh Iga Massardi dan Gerald Situmorang. Berikut adalah kutipan lirik lagu “Guna Manusia”.

Hitung mundur gerus tepian
Hingga hunian tinggal lautan
Memanaskan dunia
Mencair di utara
Kita di ujung masa

 

2. Kunto Aji

Kunto Aji Wibisono atau yang lebih akrab dikenal dengan Kunto Aji lahir di Yogyakarta, 4 Januari 1987. Ia adalah seorang penyanyi berkebangsaan Indonesia yang terkenal lewat acara pencarian bakat Indonesian Idol musim kelima. Kunto Aji menjadi finalis keempat pada ajang itu.

republika.co.id

Pada tahun 2014, ia memulai debut singlenya dengan lagu berjudul “Terlalu Lama Sendiri”. Lagu itu kemudian masuk dalam album musik pertamanya yang diberi nama Generation Y. Album itu rilis pada tahun 2015 dengan lagu utamanya adalah “Terlalu Lama Sendiri” dan “Pengingat”.

Tahun 2018, Kunto Aji merilis album kedua bertajuk Mantra Mantra yang berisi 9 lagu. Kesembilan lagu itu di antaranya “Sulung”, “Rancang Rencana”, “Pilu Membiru”, “Topik Semalam”, “Rehat”, “Jakarta Jakarta”, “Konon Katanya”, “Saudade”, dan “Bungsu”.

Dilihat dari akun resmi Kunto Aji di situs Youtube, kesembilan lagu dalam album Mantra-Mantra diunggah pada bulan September 2018. Lirik dalam lagu-lagu di album keduanya ini banyak yang ditulis sendiri oleh Kunto Aji sendiri. Berikut adalah kutipan salah satu lagu dalam album Mantra-Mantra yang berjudul “Jakarta Jakarta”.

Jakarta-jakarta
dan kenalannya
berpacu memburu
impianku

 

3. Payung Teduh

Payung Teduh merupakan salah satu band alternatif Indonesia yang beraliran folk, keroncong, dan jazz. Formasi awal Payung Teduh adalah Is (vokalis) dan Comi (kontra bass) yang terbentuk pada tahun 2007. Sejak saat itu, formasi Payung Teduh telah beberapa kali mengalami perubahan. Yang terbaru adalah keluarnya Is dari grup. Posisinya saat ini digantikan oleh Ivan, personil yang identik dengan instrumen ukulele-nya.

lorongmusik.com

Sejak terbentuk hingga sekarang, Payung Teduh telah merilis 5 album, antara lain Payung Teduh (2010), Dunia Batas (2012), Live and Loud (2016), Ruang Tunggu (2017), dan Mendengar Suara (2018). Album terbaru Payung Teduh, Mendengar Suara, terdiri atas 10 lagu. Kesepuluh lagu itu di antaranya “Ugil-Ugil”, “Lagu Duka”, “Diam Keroncong”, “Tertawalah”, “Pagi Belum Sempurna”, “Mencarimu”, “Pudar”, “Berjalanlah”, “Makin Lelah”, dan “Diam Dangdut”.

Dari kesepuluh lagu di atas, “Lagu Duka” menjadi lagu yang diunggulkan dan banyak didengarkan. Dilihat dari akun resmi Payung Teduh di Youtube, ofisial video musik “Lagu Duka” telah diunggah pada Agustus 2018 dan ditonton sebanyak 1,5 juta kali per 5 Oktober 2018. Berikut adalah kutipan lirik “Lagu Duka” bagian reffrain.

Aku hanya ingin
menyebarkan rasa bahagia
dan kegembiaan untuk siapapun
tapi semua keinginanku hilang
luka menghampiri, bahagia menjauh

Bagaimana, sudahkah kamu dengar lagu-lagu terbaru dari musisi Indonesia di atas? Lagu yang mana yang menjadi favoritmu?

Jika kamu penasaran dengan ketiga musisi itu, kamu bisa lho menyaksikan mereka bertiga dalam acara Synchronize Fest 2018 Bukalapak. Yup, salah satu festival musik nasional terbesar di Indonesia ini akan menghadirkan Barasuara, Kunto Aji, maupun Payung Teduh.

Penasaran ingin menyaksikan mereka menyanyikan lagu terbarunya? Yuk, jangan lewatkan Synchronize Fest 2018 Bukalapak dan segera beli tiketnya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *