Toko Olahraga, Peluang Bisnis Menggiurkan di Perkotaan

Membuka usaha merupakan impian banyak orang yang ingin memiliki penghasilan lebih dari pada gaji karyawan bulanan. Dengan memiliki usaha sendiri apalagi jika dibangun dari bawah, akan bisa memberi kepuasan dan kebanggaan bagi pemiliknya. Banyak sekali peluang usaha yang bisa dilakukan jika Anda jeli untuk melihat kesempatan. Jika Anda berada di perkotaan, maka peluang usaha satu ini mungkin bisa direalisasikan mengingat persaingannya yang masih minim. Peluang tersebut adalah membuka toko olahraga yang menyediakan berbagai peralatan dan perlengkapan olahraga.

Toko OlahragaDi perkotaan umumnya masyarakat yang tinggal adalah masyarakat yang telah memiliki pendidikan cukup tinggi untuk mengetahui manfaat dari berolah raga dalam menjaga kesehatan. Masyarakat perkotaan juga lebih banyak yang memiliki hobi berolah raga baik atletik maupun permainan. Dengan hobi dan gaya hidup yang ingin diterapkan tersebut, pastinya mereka akan memerlukan peralatan dan perlengkapan berolahraga. Sedangkan jumlah toko yang khusus menjual peralatan dan perlengkapan olahraga masih sedikit dengan penyebaran yang tidak merata.

Membuka toko yang menyediakan berbagai peralatan untuk olahraga baik atletik maupun permainan menjadi pilihan usaha yang cukup menjanjikan. Apalagi jika Anda sendiri memiliki hobi berolah raga atau menjadi salah satu anggota klub olahraga. Anda pastinya sedikit banyak akan mengerti peralatan dan perlengkapan apa saja yang saat ini banyak dibutuhkan bagi mereka yang sering memiliki kegiatan berolahraga. Berikut ini adalah contoh berbagai perlengkapan berolah raga yang bisa dijadikan stok untuk penjualan sehari-hari:

• Baju olahraga meliputi kaos olahraga, kaos futsal, celana pendek pria, celana wanita, baju renang, topi sepeda.

• Perlengkapan keamanan berolahraga, meliputi pelindung tubuh untuk bersepeda, ban untuk berenang, helm sepeda, dsb.

• Sepatu olah raga meliputi sepatu futsal, sepatu sepakbola, sepatu sepeda, sepatu lari, dsb.

• Bola sepak bola, bola basket, shuttlecock, bola kasti, bola golf, dsb.

• Perlengkapan permainan, meliputi raket, jaring net, peluit, timer, dsb.

Selain produk, yang juga tak kalah penting ketika Anda akan membuka sebuah toko olahraga adalah pilihan lokasinya. Jika Anda memiliki rumah di sebuah perumahan menengah ke atas yang belum ada toko perlengkapan olahraga di dalamnya, maka Anda bisa saja membuka toko di rumah. Pilihan lokasi lain yang strategis adalah:

• Dekat dengan gym atau stadium olahraga.

• Dekat dengan pusat kota.

• Dekat dengan pasar setempat.

• Dekat dengan layanan umum seperti sekolah.

• Tidak jauh dari jalan utama atau berada di tepi jalan yang ramai.

Selain membuka toko, untuk memudahkan pemasaran, Anda juga bisa membuka toko online dengan nama yang sama dengan toko offline Anda. Dengan begitu selain mendapatkan penjualan di lokasi toko, Anda juga bisa mendapatkan pesanan dari berbagai daerah hingga luar negeri sehingga meningkatkan hasil penjualan peralatan dan perlengkapan olahraga Anda.

Itulah beberapa tips dan point yang perlu diperhatikan jika Anda tertarik untuk memulai usaha membuka toko olahraga di kota Anda. Untuk memperoleh produk yang akan dijual, Anda bisa mencari supplier atau langsung menghubungi produsen alat olahraga untuk memesan produk yang Anda inginkan. Belilah produk yang fast moving dengan cara melakukan survey terlebih dahulu akan olahraga apa yang saat ini digemari. Jika toko sudah mulai besar dan populer, tambahkan produk jualan dengan perlengkapan lain yang lebih besar misalnya ring basket, skateboard, sak tinju dan sebagainya.

Sumber >

Tipki Bags & Bebas Baca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *