Online Shop Indonesia, Jenis-jenisnya dan Produk Terlaris yang Paling Diincar

Semakin hari, kegiatan jual beli secara online di negara ini semakin marak saja. Jika dulu orang masih ragu membeli dari internet karena takut penipuan, sekarang ini belanja online jadi pilihan utama bagi mereka yang tinggal di apartemen atau kota besar yang macet seperti Jakarta. Online shop Indonesia pun semakin berkembang, dengan berbagai situs e-commerce besar atau kecil saling bersaing menarik pelanggan.

Online Shop Indonesia

Online Shop Indonesia

Bisnis jual beli online ini di Indonesia sendiri ada dalam beberapa bentuk, dengan struktur sedikit berbeda-beda. Berikut beberapa jenis toko online yang akan Anda temukan di negara ini:

  • Online shop via media sosial

Banyak ditemukan di Indonesia maupun di luar negeri. Mudah dilakukan, bisa dimulai dengan memanfaatkan akun media sosial pribadi sebagai awalnya.

  • Classifieds/iklan baris

Ini bentuk situs e-commerce paling sederhana yang ada. Jadi pada dasarnya, pengelola web hanya menyediakan tempat atau sarana untuk jual beli, tapi tidak terlibat sama sekali dalam urusan pembayaran ataupun jual beli itu sendiri.

  • Marketplace

Mirip dengan classifieds, hanya saja penyedia website juga akan memberikan fasilitas untuk metode pembayaran, bisa dengan Rekening Bersama atau rekening pihak ketiga lain.

  • B2C (Business to Customer)

Adalah online shop di mana perusahaan e-commerce yang menjual sendiri produk-produknya, sehingga mereka yang mendapatkan untung. Biasanya situs ini butuh modal besar.

  • Shopping Mall

Mirip dengan B2C, hanya saja barang yang dijual di tempat ini adalah barang bermerk yang sudah terkenal.

Melihat banyaknya online shop Indonesia tersebut, tak heran jika konsumen pun dimanjakan dengan berbagai pilihan barang. Semua barang, dari makanan, sepatu, sampai dengan barang-barang elektronik besar bisa mereka dapatkan di sana. Tapi apa saja barang yang menjadi primadona transaksi online di Indonesia ini? Apakah barang seperti aksesoris ataukah alat elektronik?

Menjawab pertanyaan tersebut, berikut adalah beberapa produk online shop yang paling banyak diincar orang Indonesia:

  • Produk fashion – sepatu, pakaian, jam tangan, kaca mata, tas, semua itu adalah produk yang paling dicari.
  • Gadget – smartphone dan tablet menempati peringkat kedua, mungkin karena alat ini memudahkan bisnis dan pekerjaan.
  • Alat elektronik – mesin cuci, kulkas, TV, rice cooker, peralatan rumah tangga tersebut lebih murah daripada membeli di toko langsung.
  • Produk kecantikan – dari lipstik, bedak, obat pelangsing, internet memberikan kesempatan bagi kaum hawa untuk mencoba produk yang jarang ada di pasaran.

Selain barang-barang di atas tersebut, produk seperti buku dan video game juga sangat laris dicari oleh para pelanggan online shop Indonesia. Jika dilihat-lihat, semua barang tersebut mempunyai kesamaan di mana harganya lebih murah daripada di toko offline, tidak semua mudah ditemukan, dan mempunyai pilihan yang banyak. Inilah situasi pasar online Indonesia saat ini – Aladin Tips.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *