Home Finance Cara Mendaftar BPJS Kesehatan Melalui Call Center BPJS Kesehatan

Cara Mendaftar BPJS Kesehatan Melalui Call Center BPJS Kesehatan

by Erin Nuzulia
call center bpjs kesehatan

 

call center bpjs kesehatan

Jika Anda sibuk dan tidak sempat mendaftar BPJS Kesehatan di kantornya langsung, Anda bisa mencoba mendaftarkan diri melalui call center BPJS Kesehatan. Kehadiran call center BPJS Kesehatan ini merupakan inovasi yang sangat memudahkan bagi para pendaftar untuk mendaftarkan diri tanpa harus repot mengantri lama di kantor BPJS. Selain untuk mendaftarkan diri, call center BPJS Kesehatan juga berguna untuk menerima laporan atau keluhan dari pengguna BPJS terkait dengan penggunaan asuransi atau menjawab pertanyaan dari pengguna terkait layanan dan prosedur. Lalu bagaimana caranya mendaftarkan diri di BPJS Kesehatan melalui call center? Syarat apa saja yang diperlukan untuk mendaftar melalui call center?

Cara Mendaftar BPJS Kesehatan Melalui Call Center BPJS Kesehatan

Daftar di Call Center BPJS Kesehatan dengan Nomor 1500400


call center bpjs kesehatan 2

Hadirnya call center BPJS Kesehatan telah menjadi suatu kemudahan bagi pengguna BPJS Kesehatan. Pasalnya seringkali pendaftar berada di lokasi yang jauh dari kantor BPJS Kesehatan atau memiliki kesibukan yang cukup padat. BPJS Kesehatan sendiri saat ini telah menjadi asuransi kesehatan yang wajib dimiliki masyarakat Indonesia agar dapat meringankan biaya perawatan dan pengobatan. Oleh karena itu, bagi pendaftar yang ingin segera mendaftarkan dirinya atau keluarganya dalam BPJS Kesehatan, sekarang bisa cukup dengan menelpon di nomor 1500400. Nanti akan ada CS BPJS Kesehatan yang menerima panggilan Anda dan membantu proses pendaftaran.

Menariknya lagi, kartu BPJS Kesehatan Anda juga akan diantarakan di rumah Anda sehingga Anda akan menghemat waktu dan biaya. Kelebihan pendaftaran lewat call center ini yaitu jam operasional yang panjang yakni 24 jam dari hari Senin sampai Minggu. Untuk masalah tarif panggilan, Anda tidak perlu khawatir karena tarif panggilan call center BPJS Kesehatan mengikuti tarif lokal bila menggunakan telepon rumah atau kantor. Sedangkan untuk panggilan yang dilakukan melalui telepon genggam, tarifnya menyesuaikan masing-masing operator.

 

Syarat Daftar BPJS Kesehatan lewat Call Center

Meskipun Anda mendaftar lewat call center, namun bukan berarti Anda tidak perlu menyiapkan dokumen-dokumen pendaftaran.  Pihak BPJS Kesehatan akan tetap meminta beberapa berkas penting seperti nomor Kartu Keluarga, nomor Induk Kependudukan, nomor telepon, email, nomor rekening, dan alamat domisili lengkap. Dokumen ini menjadi persyaratan yang harus disiapkan sebelum mendaftar melalui call center. Setelah melakukan pendaftaran via call centre, Anda akan diberikan nomor Virtual Account (VA) yang menjadi identitas Anda saat Anda akan melakukan pembayaran di bank. Untuk proses pembayarannya sendiri sangat mudah karena Anda cukup  menunjukkan VA Anda kepada teller sehingga teller dapat memasukkan nomor VA tersebut ke dalam sistem. Setelah itu, bukti pembayaran keluar dan Anda sah menjadi peserta BPJS Kesehatan.  Batas paling lama pembayaran ke bank adalah 30 hari setelah penerbitan VA. Jadi usahakan sesegera mungkin melakukan pembayaran agar Anda bisa sah menjadi anggota BPJS Kesehatan. Setelah Anda sah menjadi anggota BPJS Kesehatan, Anda dapat menikmati berbagai fasilitas yang disediakan untuk anggota BPJS Kesehatan. Jangan lupa juga untuk membayar iuran bulanan rutin sesuai dengan jenis kelas yang dipilih karena ada tiga jenis kelas BPJS Kesehatan dengan nominal iuran yang berbeda. Hal ini juga membedakan kelas fasilitas yang diterima kelak saat melakukan perawatan.

 

Jadi, tunggu apalagi, bagi Anda yang belum mendaftarkan BPJS Kesehatan bagi Anda sendiri dan keluarga, gunakan fasilitas call center ini untuk memudahkan proses pendaftaran Anda.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More