Tips Sukses Buka Usaha Cafe Angkringan

Bagi para remaja atau lulusan sekolah tinggi yang tak ingin bekerja menjadi karyawan orang lain, maka membuka usaha sendiri adalah jawaban yang tepat. Dengan membuka usaha sendiri Anda justru dapat menciptakan lapangan kerja bagi orang lain yang memerlukan. Ilmu yang Anda pelajari juga bisa dipraktekkan dengan lebih luas di bidang usaha yang Anda dirikan sendiri. Salah satu jenis usaha yang saat ini marak dijalankan oleh para remaja atau lulusan baru perguruan tinggi adalah usaha bisnis mengelola cafe, warung kopi atau angkringan. Bagi Anda yang tertarik untuk membukanya, berikut adalah tips sukses yang bisa Anda praktekkan:

  • Cari lokasi yang strategis.

Lokasi bagi bisnis kuliner merupakan modal yang sangat besar. Meski begitu Anda tak perlu mencari lokasi sangat strategis jika memerlukan biaya sewa yang sangat mahal. Cukup di ruko pinggir jalan atau memanfaatkan emperan perkantoran yang telah tutup bisa digunakan untuk memulai cafe, warung kopi dan angkringan. Biaya sewa yang lebih rendah bisa mengurangi kebutuhan modal Anda.

  • Menu yang merakyat dan unik dengan harga murah.

Angkringan, cafe atau warung kopi umumnya dipenuhi dengan makanan panas atau dingin yang banyak dikenal masyarakat. Makanan ringan seperti gorengan, kripik dsb bisa Anda buat sendiri atau menerima titipan makanan dari pihak lain agar modal bisa lebih ringan. Makanan modern juga perlu disediakan seperti spaghetti atau kue brownis irisan kecil. Tips sukses yang lain adalah, jika memungkinkan berikan fasilitas free wifi agar para konsumen betah dan menambah porsi makanannya lagi. Jangan lupa untuk menyediakan tempat duduk yang nyaman seperti bangku dan meja ataupun tikar-tikar lesehan agar bisa digunakan bagi komunitas yang ingin berkumpul dalam rombongan besar.

Baca Juga: Tips Sukses Bisnis Restoran

  • Design cafe yang unik dengan cara pemasaran online.

Jika Anda menyewa lokasi di ruko maka designlah cafe Anda seunik mungkin sehingga dapat dijadikan ciri khas cafe Anda. Jika lokasi berada di halaman ruko maka Anda bisa menyediakan mmt atau papan tulis besar untuk mendesain logo dan nama cafe Anda. kemudian gunakan cara pemasaran online dengan mendaftar di berbagai media sosial yang banyak digunakan oleh remaja. Sering-seringlah memposting mengenai cafe Anda agar banyak dilihat para netizen.

Itulah beberapa tips sukses yang bisa Anda praktekkan saat membuka cafe, warung kopi atau angkringan yang bisa digunakan remaja dan dewasa untuk berkumpul bersama atau sekedar menikmati kopi hangat. Jangan lupa sediakan radio atau pemutar musik lainnya agar suasana lebih mendukung. Jika mungkin, undanglah berbagai komunitas untuk melakukan gathering di cafe Anda agar cafe lebih cepat dikenal dan menjadi ramai digunakan oleh berbagai lapisan masyarakat. Selamat mencoba dan selamat berwirausaha,

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *