Tips Mudah Memulai Bisnis Travel dengan Konsep Startup

Memiliki usaha menjadi dambaan setiap orang, apalagi saat ini perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang kian berkembang mampu memberikan kemudahan fasilitas bagi siapa pun yang ingin memulai bisnis. Anda yang ingin berbisnis, cobalah untuk melihat peluang yang ada salah satunya adalah bisnis travel. Bisnis yang satu ini bisa Anda coba di tengah keinginan banyak orang untuk bepergian mengunjungi lokasi-lokasi yang menarik dan indah.

Tips Mudah Memulai Bisnis Travel dengan Konsep Startup

Berikut adalah langkah-langkah yang harus Anda tempuh ketika akan memulai bisnis travel dengan menggunakan konsep startup, antara lain:

Tentukan Segmentasi Pasar Anda

Untuk memulai bisnis travel dengan memanfaatkan perkembangan teknologi langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mengetahui segmen pasar. Segmentasi pasar merupakan target konsumen yang akan Anda tuju apakah mereka traveler remaja, dewasa, ataukah orang tua. Umumnya memang segala usia bisa masuk ke dalam segmen pasar Anda, tetapi dari segi pemanfaatan teknologi, kaum muda lah yang memiliki potensi besar untuk Anda jadikan target. Mereka yang sudah mengenal internet akan memilih mencari akomodasi melalui media sosial atau mesin pencarian di browser. Pastikan travel startup Anda terdeteksi oleh media-media tersebut.

Bangun Relasi

Untuk memulai bisnis baru, Anda pun harus pandai dalam menjalin relasi dengan orang lain. Carilah relasi yang berpotensi membantu Anda dalam menyukseskan bisnis travel berbasis internet atau startup ini.  Relasi ini bisa membantu Anda dalam banyak hal salah satunya mendapatkan harga tiket yang cukup murah dalam menggunakan transportasi. Terlebih lagi, jika Anda berhasil mencapai target bisa saja Anda mendapatkan bonus yang juga akan mempermudah jalannya bisnis Anda ini.

Jadilah The One and Only

Isilah The One and Only memiliki arti bahwa bisnis travel Anda ini tergolong unik dan belum ada bisnis yang memiliki ciri sama seperti yang Anda miliki. Keunikan bisa Anda berikan mulai dari pelayanan kepada konsumen, penawaran atau diskon, cara pembayaran dan lain sebagainya. Buatlah konsep yang berbeda dengan yang lainnya, hal ini bisa Anda dapatkan dengan mengobservasi bagaimana cara kerja pesaing-pesaing Anda. Dari sanalah nantinya akan muncul ide-ide baru.

Pahami Kebutuhan Konsumen Anda

Walaupun berasal dari segmentasi pasar yang serupa, namun konsumen satu dengan konsumen yang lain memiliki kebutuhan yang berbeda. Jadikan bisnis travel berbasis startup Anda bukan hanya mencarikan tiket pesawat, namun Anda bisa juga memanfaatkan peluang lain seperti menyediakan akomodasi.

Tawarkan Destinasi Menarik

Salah satu langkah mempromosikan bisnis Anda adalah memberikan tawaran menarik kepada konsumen seperti menawarkan tempat wisata yang baru dan masih sangat asri dan alami. Anda juga bisa membuat paket wisata dengan beberapa tujuan menarik dan dengan harga yang terjangkau.

Publish di Media Sosial

Setelah bisnis travel Anda berdiri, selanjutnya Anda harus gencar mempromosikannya. Salah satu cara yang paling efektif yaitu melalui media sosial bahkan Anda bisa memulainya dengan membuat grup atau komunitas khusus. Ini akan memudahkan Anda ketika ingin menawarkan wisata atau paket baru untuk para calon konsumen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *