Pengertian Peluang Bisnis Bagi Orang Awam Sebelum Memulai

Banyak berpandangan bahwa peluang bisnis adalah kesempatan kita untuk berbisnis sesuatu sehingga menghasilkan uang. Namun sebenarnya pengertian bisnis sendiri adalah dari kata menurut KBBI (Kamus besar bahasa Indonesia) peluang yang berarti suatu kesempatan sedangkan bisnis berasal dari bahasa Inggris dari kata Business dengan kata dasar Busy yang berarti sibuk dalam pengertian individu, masyarakat, atau komunitas.

Pengertian Peluang Bisnis Bagi Orang Awam Sebelum Memulai

Jadi bisnis dapat kita artikan dengan seseorang/sekelompok orang dalam bentuk organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen untuk mendapatkan laba. Dan secara sederhana kita dapat mengartikan peluang adalah kesempatan yang dimiliki seseorang atau sekelompok orang untuk mencapai tujuan yaitu keuntungan atau uang dengan cara menjual barang atau jasa kepada konsumen. Jadi peluang bisnis merupakan hal yang penting sebelum membuka bisnis bahkan kita harus memikirkan beberapa langkah depan untuk membuat bisnis kita dapat bertahan.

Kita harus dapat jeli melihat peluang bisnis yang ada disekitar kita, ciri sesuatu bisa kita jadikan peluang adalah  sesuatu tersebut memiliki nilai jual, bersifat riil, bisa bertahan lama dan berkelanjutan, tidak bersifat musiman, modal awal tidak terlalu besar, skalanya dapat diperbesar, dan menguntungkan. Beberapa hal yang wajib juga yang perlu diperhatikan adalah analisa partial yaitu perhitungan kemungkinan berubah tingginya seperti pada biaya produksi, penerimaan, dan keuntungan. Hal ini sangat penting untuk mengukur potensi meningkatnya keuntungan atau kerugian.

Anda harus menganalisa komprehensif mengacu pada analisa keseluruhan seperti pada kelayakan produk harus telah memenuhi standart pasar hal ini juga dapat menjadi acuan untuk identifikasi sumberdaya untuk keperluan produksi. Carilah data langsung dari konsumen seperti apa yang mereka inginkan dan apa yang belum terpenuhi pada produk tersebut. Untuk kelayakan produksi kita harus memahami kemungkinan kompetitor akan menduplikasi produk kita jadi kita harus memperhatikan nilai keseluruhan produksinya dan selalu berinovasi. Pada sisi manajemen keuangan anda menentukan alah cash flow dan pembukuan yang tersusun rapi agar dapat kita analisa seberapa untung atau ruginya bisnis kita.

Baca Juga : Membaca Peluang Usaha Bisnis Laundy

Poin penting lainnya adalah kelayakan organisasi, pada hal ini anda harus memikirkan mengenai sumber daya yang dibutuhkan di bisnis anda mulai dari karyawan, keahlian manejemen, dan kompetensi organisasi. Setelah anda mengetahui beberapa mengetahui hal apa saja yang menjadi inti membangun bisnis  sekarang saatnya anda mengetahui beberapa contoh peluang bisnis yang sedang naik daun pada masa sekarang.

Salah satunya bisnis yang sedang tren saat ini adalah bisnis online yang dapat kita jelaskan bisnis online dalam bentuk menjual jasa atau produk di pasaran dan media sosial. Beberapa peluang bisnis yang online ini seperti menjadi dropshipper, reseller, jasa penulisan artikel, jasa design grafis, jasa pembuatab website, jasa pembuat logo toko online dan lain sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *