Kesalahan Fatal Pada Bisnis Pulsa yang Sering Disepelekan

Menghasilkan uang tak melulu harus kerja di kantoran. Ada begitu banyak peluang usaha yang bisa dijalankan untuk mendapatkan penghasilan. Mulai dari berjualan sampai berinvestasi pada perusahaan saham ternama. Salah satu usaha yang paling mudah dirintis tentu saja bisnis pulsa, tak butuh modal besar, Anda bisa mendapat keuntungan. Apalagi jumlah pemakai telepon genggam yang kian meningkat dari hari ke hari membuat tingkat permintaan juga naik.

 

Sayangnya tak semua pelaku usaha ini mampu meraup omset tinggi perbulannya. Adapula yang harus gulung tikar dalam waktu singkat, hanya karena salah strategi. Walaupun terlihat mudah, sebenarnya bisnis satu inipun membutuhkan strategi yang matang. Setidaknya ada beberapa hal yang harus menjadi pantangan bagi para pengusaha pulsa, yakni:

 

  • Hutang

Beberapa penjual memang memiliki mental yang lemah saat berhadapan dengan pembeli dari orang yang dikenal. Tak jarang penjual pun membiarkan orang-orang tersebut berhutang pulsa berkali-kali. Saat ditagih tentu ada saja alasan dari orang-orang ini yang tak ayal menghambat perputaran modal Anda. Hal inilah yang harus Anda hindari, sebisa mungkin jangan terlalu mudah membiarkan orang berhutang. Jikapun ingin membolehkan seseorang berhutang pulsa, pastikan orang tersebut mudah ditagih di kemudian hari.

 

  • Untung

Penjual mana yang tidak ingin untung dari bisnis pulsa? Tingginya tingkat permintaan bukan berarti Anda dapat mematok harga jauh lebih tinggi. Jangan mudah tergiur dengan untung yang besar, sebab Anda akan mudah tergerus pasar. Pembeli umumnya mencari kios pulsa yang menawarkan harga standar atau jauh lebih murah. Bila Anda masih berkeras mematok dengan harga tinggi, siapkan saja mental untuk di tinggal pelanggan.

 

  • Promosi

Semua jenis usaha membutuhkan promosi untuk memperkenalkan produk atau jasa mereka. Begitu pula dengan Anda yang menawarkan pulsa sebagai produk penjualan. Anda tak boleh menyepelekan kekuatan promosi, sebab dari sinilah konsumen Anda berasal. Tak ada salahnya sesekali memanfaatkan media sosial sebagai ajang promosi. Bagikan produk Anda pada laman facebook, instagram maupun twitter. Dengan begini, orang-orang bisa tahu tentang usaha Anda dan tertarik untuk membeli.

 

  • Pelayanan

Meskipun pelanggan tak segan-segan membandingkan soal harga, tapi Anda harus membuat perbedaan yang signifikan. Bukan hanya memberikan harga yang bersaing, Anda pun harus mengedepankan layanan. Pelanggan tentu lebih peduli dengan kios yang memberi layanan ramah, cepat tanggap dan luwes daripada penjaga kios yang terkesan jutek. Berikanlah pelayanan terbaik untuk semua jenis pelanggan, karena mereka bisa saja menjadi pelanggan setia kios pulsa Anda.

 

  • Survei

Sebagai pemula, Anda tentu harus selalu berinovasi dengan usaha apapun. Bisnis inipun membutuhkan inovasi Anda yang harus rajin melakukan survey. Dari sisi harga mungkin tidak terlalu ada perbedaan mencolok dari bisnis pulsa, sebab patokan harga standar untuk setiap daerah. Meskipun demikian, jangan malas untuk melakukan survey pasar agar Anda tak ditinggalkan pembeli.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *