Daftar Bisnis Sampingan dengan Modal Minim

Tuntunan zaman modern sering kali membuat orang mencari cara bagaimana mendapatkan penghasilan tanpa harus bekerja formal yang mengikat waktu dari pagi hingga malam. Hal ini juga membuat banyak orang memilih bisnis sampingan yang bisa dilakukan dengan kebijakan sendiri. Bisnis ini beranekaragam, dengan tingkat modal yang bermacam-macam. Jika Anda kebetulan hendak melakukan bisnis ini tetapi tidak memiliki cukup modal, pekerjaan sampingan di bawah mungkin dapat menjadi alternatif.

Daftar Bisnis Sampingan dengan Modal Minim

Penulis

Zaman sekarang ini banyak sekali platform untuk para freelancer. Dari sekian banyak bakat yang diminta, penulis merupakan salah satu yang bisa Anda pilih jika Anda sangat tertarik di bidang tersebut, atau Anda memang memiliki hobi menulis. Untuk memenuhi pekerjaan ini, pengetahuan yang luas sangat diperlukan. Setidaknya luangkan waktu untuk membaca untuk meningkatkan kualitas menulis Anda.

Blogger

Pekerjaan yang satu ini seakan belum ada matinya untuk beberapa tahun ke depan. Pekerjaan ini bersifat global, hampir seluruh negara di dunia berminat dalam bidang ini. Ketekunan dan kreativitas tentunya sangat dibutuhkan. Jenis blog yang muncul bermacam-macam. Mulai dari beauty, sport, culinary, maupun fashion, sesuai dengan passion blogger sendiri. Pendapatan dari blog ini diperoleh dari tinggi rendahnya statistik blog Anda.

Translator

Memiliki kemampuan berbahasa asing merupakan kelebihan yang seharusnya bisa dimanfaatkan. Misalnya, bahasa Inggris, German, Mandarin, maupun bahasa lainnya. Anda bisa memulai menjadi seorang translator. Untuk mendapatkan pekerjaan ini, sama halnya dengan penulis, Anda dapat mendaftarkan diri pada platform-platform khusus. Anda juga bisa mempromosikan ke orang-orang terdekat Anda, seperti teman dan keluarga. Bisnis sampingan ini bisa sangat menjanjikan jika Anda sudah memiliki client  tetap.

Jasa Les Privat

Jika Anda tinggal di lingkungan yang terdapat sekolah dasar hingga sekolah menengah, Anda bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk melakukan bisnis sampingan sebagai guru les privat. Biasanya mendekati ujian orang tua murid akan mencarikan guru les privat untuk anaknya. Pekerjaan ini sangat cocok bagi para mahasiswa untuk menambah uang sakunya.

Vlogger

Memiliki hobi berbagi atau exist di media sosial merupakan salah satu hal yang mungkin bisa membuka peluang karir Anda. Konten yang dibagikan seorang vlogger berupa video. Usahakan video yang akan di share ini akan memberikan manfaat bagi para penontonnya. Video-video ini biasanya dipublikasikan pada cahnnel youtube.

Reseller

Berkembangnya dunia pasar online dapat membuka peluang bisnis sampingan untuk Anda. Jika dirasa modal Anda untuk berjualan sangat minim, peluang usaha ini bisa Anda pilih. Anda tidak harus memiliki fisik barang untuk menawarkan barang yang akan dijual. Cukup dengan foto-foto atau video yang Anda peroleh dari marketplace tempat Anda mendaftarkan diri sebagai reseller.

“Keberhasilan suatu usaha tidak hanya bisa dicapai dengan modal yang besar, tetapi lebih kepada usaha yang dilakukan untuk mencapainya”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *