6 Keunggulan dan Kelemahan Bisnis Online yang Perlu Anda Ketahui

Dalam mengelola bisnis online, pebisnis harus melalui prosedur yang sama halnya dengan bisnis tradisional, baik itu dalam menentukan rencana bisnis hingga mengurus masalah administratif lainnya. Dalam dunia bisnis, ada banyak sisi positif dan negatif yang akan Anda alami. Adapun beberapa keunggulan dan kelemahan dalam melakoni online bussiness yang perlu Anda ketahui, antara lain:

6 Keunggulan dan Kelemahan Bisnis Online yang Perlu Anda Ketahui

Keunggulan Bisnis Online

Berikut keunggulannya, yaitu:

  • Budget Rendah

Keuntungan yang diperoleh dalam membangun usaha bisnis ini salah satunya adalah budget yang rendah dibandingkan dengan bisnis offline. Meskipun ada beberapa biaya juga menjadi tanggungan Anda seperti pengamanan domain dan pemasangan situs web, namun tak sebanding dengan besarnya biaya jika menyewa ruko atau memelihara bangunan fisik.

  • Mengurangi Persyaratan Staf

Jika Anda memiliki usaha bisnis offline di sebuah ruko atau bangunan, tentunya Anda membutuhkan sejumlah jasa staf penjualan. Lain halnya dengan bisnis online, semua pekerjaan dilakukan secara otomatis. Sebagai contoh, pembayaran dalam usaha online dilakukan melalui transfer uang ke rekening online shop bukan kasir sehingga, konsumen tak perlu repot antre panjang untuk membeli barang.

  • Target Pasar yang Luas

Dengan bisnis ini, Anda dapat membidik banyak target pasar. Tak hanya konsumen lokal yang berbeda kota atau pulau, bahkan konsumen beda negara pun juga bisa membeli barang di toko online Anda. Tentunya Anda harus memiliki sistem di tempat untuk mengirimkan barang Anda ke lokasi yang jauh tersebut. Dengan banyaknya target pasar yang bisa dibidik, daya beli barang Anda

bisa semakin banyak dalam memperoleh keuntungan.

  • Informasi

Mengenai keunggulan dalam hal informasi ini, diibaratkan sebagai contoh jika Anda ingin membeli barang di sebuah toko secara offline, tentunya Anda perlu tahu jam buka toko tersebut. Namun, berbeda dengan bisnis online, Anda bisa mengetahui jam buka dan informasi kontak pemilik online shop sehingga, Anda bisa bertanya langsung dan memeriksa ketersediaan barang yang akan dibeli.

Kelemahan Bisnis Online

Berikut beberapa kelemahannya, yaitu:

  • Tak berlaku sistem “You Can Try Before Buy”

Dalam bisnis ini, ada beberapa barang yang bisa Anda beli tanpa keraguan dan tak perlu di coba sebelum di beli. Namun, ada beberapa barang seperti pakaian, sepatu, gadget elektronik yang butuh check & recheck barang sebelum dibeli. Jika pada toko offline, Anda bisa mencoba barang sebelum membeli. Lain halnya dengan toko online, Anda hanya dapat melihat review barang pada kolom ulasan barang yang tersedia di dalam online shop.

  • Konektivitas Internet

Hal ini bisa menjadi salah satu kelemahan dari bisnis online pada umumnya. Apabila situs web Anda sedang mengalami error, secara otomatis Anda juga kehilangan pelanggan Anda. Mengapa? Sebagai contoh, jika ada beberapa pelanggan Anda yang sudah melakukan transfer uang untuk membeli barang yang sudah dipesan, namun situs Anda mengalami error dan tidak ada kabar selanjutnya, tentu hal ini bisa menjadi minus bagi online shop Anda dan pelanggan akan memberi kesan negatif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *