4 Strategi Promosi Jitu Bisnis Makanan Agar Cepat Mendapatkan Banyak Pelanggan

Berkecimpung di bidang kuliner tak semudah yang dibayangkan. Begitu banyak pesaing yang bermunculan setiap harinya. Beragam jenis kuliner yang ditawarkan turut menambah ketatnya persaingan bisnis makanan. Terlebih di kota-kota besar yang menawarkan beragam pilihan, mulai dari kaki lima hingga bintang lima. Anda tentu kerap ketar-ketir saat ingin membuka usaha di bidang ini, meskipun memiliki keahlian khusus di bidang kuliner.

Kerap mendapat pujian dari orang-orang sekitar karena citarasa masakan Anda, tak selalu menjamin keberhasilan bisnis kuliner. Layaknya semua jenis usaha, bisnis satu inipun membutuhkan inovasi serta kepiawaian dalam hal promosi. Orang-orang tentu akan lebih tertarik mencicipi suatu masakan jika mendapat rekomendasi dari orang lain. Atau tertarik untuk menyantapnya saat melihatnya berseliweran di media sosial daripada sekedar melihat saat melewati restoran tertentu.

Mengembangkan bisnis kuliner dimulai dari promosi yang tepat. Strategi promosi yang dipilih harus tepat sasaran, misalkan saja dengan memperhitungkan hal-hal berikut:

Kualitas
Sebesar apapun nama suatu restoran atau kafe bila tidak diikuti oleh kualitas yang baik tentu lama-lama akan sepi pengunjung. Kualitas makanan dapat langsung diketahui saat pengunjung mencicipinya. Salah memilih kualitas suatu jenis bahan makanan atau sengaja menggantinya akan berakibat fatal bagi keberlangsungan bisnis makanan Anda. Konsistensi dalam pembuatan resepnya pun harus diperhatikan, agar tidak terjadi perbedaan rasa yang cukup mencolok.

Pelayanan
Ajarkanlah para pelayan Anda untuk bersikap sopan santun dan ramah kepada setiap pelanggan. Selain kualitas makanan, pelanggan tentu membutuhkan pelayanan yang bagus dari tempat yang dikunjunginya. Bagaimana pelanggan bisa betah jika Anda bersikap jutek dan terkesan angkuh saat menyajikan makanan? Untuk itu, selalulah bersikap sopan dan ramah kepada setiap pelanggan tanpa membeda-bedakan. Bisa jadi hal tersebut menjadi alasan mereka untuk kembali lagi dan lagi di kemudian hari.

Komunitas
Trik ini patut dicontoh untuk para pebisnis pemula. Anda yang memiliki keterbatasan dalam hal bersosialisasi dan jaringan pertemanan, cobalah bergabung dengan komunitas tertentu. Manfaatkan komunitas tersebut untuk berbagi info serta media promosi gratis. Dalam beberapa kesempatan bertemu, ajak pula mereka untuk mencicipi makanan di restoran Anda. Dengan begini, Anda sedikit banyak sudah memperkenalkan tempat Anda pada orang-orang baru.

Hiburan
Setelah seharian bekerja atau beraktivitas, pelanggan tentu ingin sedikit bersantai. Memilih tempat makan yang menawarkan hiburan berupa pertunjukan musik atau tontonan film tentu menjadi solusi tepat. Bacalah peluang tersebut sebagai inovasi baru dalam bisnis makanan. Anda bisa memutarkan alunan musik untuk menjadi pendamping pelanggan menyantap makanan. Pada saat-saat tertentu, helat pula event khusus untuk menarik minat pelanggan datang. Entah itu dengan mengundang band ternama atau acara jumpa artis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *