3 Cara Memulai Usaha Baru dari Pemula Hingga Menjadi Sukses

Banyak orang yang merasa ragu dalam memulai sebuah usaha baru karena belum pernah mempunyai pengalaman dalam berbisnis atau pemula dalam berbisnis. Selain itu juga karena faktor modal membuat beberapa orang ragu dalam memulai sebuah bisnis. Padahal semua hal tersebut tidak bisa dijadikan sebuah alasan orang tidak bisa memulai sebuah usaha bisnis. Hal paling penting adalah niat, usaha dan mental yang kuat untuk memulai sebuah bisnis agar bisa sukses walaupun masih pemula. Nah, bagi Anda yang merasa masih pemula untuk memulai sebuah usaha, berikut ini adalah beberapa cara untuk memulai usaha baru dari pemula hingga menjadi sukses.

3 Cara Memulai Usaha Baru dari Pemula Hingga Menjadi Sukses

Menetapkan Jenis Usaha

Hal yang penting dalam memulai usaha baru yaitu memilih jenis usaha yang sesuai dengan minat Anda dan terapkan juga bisnis jangka panjang. Ada beberapa orang yang asal memulai bisnis sesuai dengan tren bisnis yang sedang booming dengan alasan akan mempercepat penghasilannya. Hal tersebut bisa saja dilakukan akan tetapi harus tetap perhatikan minat Anda sebagai pelaku usaha bisnis, agar usaha Anda bisa berjalan sukses dalam waktu lama, dibandingkan dengan mengikuti tren bisnis dengan modal ikut-ikutan saja.

Menetapkan Visi dan Misi Usaha

Dalam setiap usaha baik usaha lama maupun memulai usaha baru penting adanya visi dan misi usaha yang kuat di dalamnya. Dengan adanya visi dan misi usaha yang kuat maka bisnis yang Anda jalankan akan lebih fokus pada tujuan utama usaha Anda didirikan. Bagi para pemula yang memulai bisnis baru tanpa memiliki visi dan misi yang jelas akan membuat usahanya menjadi tidak konsisten dari tujuan awal didirikannya usaha yang mereka bangun.

Melakukan Survey

Setelah Anda memutuskan jenis usaha baru yang sesuai dengan minat Anda, selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah melakukan survey lapangan. Dengan tujuan untuk mengetahui tingkat persaingan, pasar, dan potensi usaha yang sesuai dengan usaha yang akan Anda rintis. Tidak perlu detail dalam melakukan survey lapangan, yang penting Anda mencermati perilaku konsumen yang ada, lalu perhatikan persaingan pasar yang ada, dan juga perhatikan lokasinya.

Mempersiapkan Modal

Dalam hal ini Anda perlu mempersiapkan berbagai modal materil maupun modal ilmu bisnis yang harus Anda miliki. Modal bisa didapatkan dari berbagai sumber, seperti bank, para investor, maupun dari saudara dan kerabat Anda. Namun bagi Anda yang pemula, disarankan untuk tidak melakukan pinjaman modal ke Bank, karena usaha baru memiliki reisiko kegagalan yang cukup tinggi, dikhawatirkan jika Anda meminjam uang untuk modal dari Bank, Anda akan kesulitan dalam membayarnya jika usaha yang baru Anda mulai mengalami kegagalan.

Jadi, kapan Anda akan memulai menjalankan bisnis Anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *