Home Blog Berikut 3 Fakta Menarik Soal Angklung yang Wajib Kamu Tahu!

Berikut 3 Fakta Menarik Soal Angklung yang Wajib Kamu Tahu!

by Erin Nuzulia

Siapa yang tidak kenal angklung? Angklung sebagai alat musik tradisional Indonesia yang berasal dari Jawa Barat tentunya sangat dikenal baik oleh orang Indonesia. Bukan hanya orang Indonesia, bahkan nama angklung ini telah mendunia. Bahkan banyak sekali orang-orang dari luar negeri yang datang ke Indonesia untuk belajar memainkan alat musik tradisional khas sunda ini. Tentunya sebagai orang Indonesia yang baik, kita wajib menjaga kelestarian tradisi dan budaya negeri bukan hanya angklung. Hal ini karena banyak sekali orang Indonesia yang lebih tertarik budaya luar daripada budayanya sendiri.

Angklung bahkan telah diakui oleh UNESCO. Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan PBB tersebut mengakui bahwa angklung adalah identitas budaya bangsa Indonesia di mata Internasional. Banyak fakta menarik yang dapat kamu ketahui mengenai angklung ini. Tahukah berapa harga angklung? Tahukah kamu bahwa tanggal 16 November merupakan hari angklung sedunia? Pasti banyak di antara kamu yang belum tahu. Oleh karena itu, yuk kita simak fakta menarik tentang angklung berikut ini.

angklung 1.jpg

Berikut 3 Fakta Menarik Soal Angklung yang Wajib Kamu Tahu!

  1. Asal Muasal Angklung

Angklung adalah sebuah alat musik yang dimainkan oleh sekelompok orang atau tim dengan nada yang berbeda-beda dan menciptakan irama tertentu. Kamu pemain angklung? Tentunya kamu sudah tahu dong bahwa kata angklung berasal dari bahasa sunda yaitu angkleung-angkleungan. Angkleung-angkleungan bisa diartikan sebagai gerak tubuh berayun yang dimainkan seiring dan seirama. Dari kata tersebut lah kita mengetahui bahwa angklung memang dimainkan secara kelompok untuk mendapatkan suatu nada dan irama yang indah.

Ada juga yang mengatakan kalau angklung berasal dari bahasa Bali, lho yaitu angka dan lung yang artinya adalah nada dan patah. Atau bisa dikatakan bahwa angklung merupakan nada yang patah atau tidak lengkap. Oleh karena itu angklung tidak bisa hanya dimainkan oleh satu orang saja.

Baca Juga:   3 Resep Kue Pisang Tradisional yang Tak Lekang oleh Zaman

Angklung adalah alat musik yang terbuat dari bambu. Bambu yang digunakan pun juga berbeda, yaitu bambu hitam. Sebenarnya ada beberapa jenis bambu yang bisa digunakan dalam pembuatan angklung, antara lain bambu hitam, bambu tali, dan juga bambu tutul. Namun, di antara semua jenis bambu tersebut, bambu hitam adalah bambu yang paling direkomendasikan karena dapat berpengaruh terhadap suara yang dihasilkan. Katanya, angklung yang dibuatĀ  dari bambu hitam memiliki suara yang lebih merdu dibandingkan angklung dari bambu lainnya.

  1. Usia Bambu

Dalam membuat angklung dengan kualitas suara yang bagus, tentunya proses pembuatannya tidak mudah. Agar tidak mudah rusak atau diserang hama, bambu yang dipilih untuk pembuatan angklung harus berusia 4-6 tahun, lho. Bambu yang akan dibuat angklung juga harus benar-benar kering. Bambu yang memiliki usia 4- 6 tahun tersebut akan ditebang, namun tidak bisa langsung dibuat angklung, sebab bambu harus diangin-anginkan dulu untuk memastikan bambu benar-benar kering. Proses pengeringan ini tidak bisa dengan cara dijemur, karena sangat berisiko menjadi keropos. Jadi, bambu harus diangin-anginkan saja hingga waktu tertentu, biasanya sekitar 6 bulan.

  1. Pengiring Perang

Angklung dulu hanya diperuntukkan di kalangan kerajaan saja. Namun pada kesultanan Banten, kemudian angklung dijadikan sebagai pengiring perang. Angklung ini juga digunakan dalam perang Bubad untuk mengiringi pasukan kerajaan Padjadjaran.

angklung 2.jpg

Nah, itu dia fakta menarik soal angklung yang harus kamu ketahui. Mari jaga kelestarian budaya bangsa bersama-sama!

Kalau kamu mencari hal yang berkaitan dengan angklung, kamu bisa cek di https://www.bukalapak.com/trend/angklung ya!

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More