Home TIps dan Trik Bagaimana Trik Jitu untuk Membuat Kopi Nikmat Tanpa Coffee Maker?

Bagaimana Trik Jitu untuk Membuat Kopi Nikmat Tanpa Coffee Maker?

by Diane Lowe

Kopi menjadi salah satu minuman yang digemari terutama pria. Minuman yang mengandung kafein tersebut enaknya dibuat dengan menggunakan coffee maker akan tetapi, tidak semua orang memiliki mesin pembuat kopi tersebut karena harganya yang cukup mahal. Akan tetapi, Anda tetap bisa membuat kopi dengan enak tanpa coffee maker dengan trik jitu berikut. Pertama adalah dengan menggunakan kertas filter atau yang disebut dengan metode pour over.

Cara untuk membuat kopi dengan metode pour over yaitu:

  • Siapkan kertas filter.
  • Didihkan air hingga suhunya 92-95oC dan siapkan biji kopi yang sudah digiling. Ukuran yang cocok adalah bubuk kopi seukuran garam dapur halus namun bisa juga disesuaikan dengan selera Anda.
  • Tempatkan filter di pour over
  • Basahi pour over dengan sedikit air panas dan usahakan agar mengenai semua bagian kertas agar aroma kertas tidak tercampur dengan kopi.
  • Masukkan kopi ke pour over dan buat lubang kecil di tengahnya.
  • Tuangkan sedikit air secara perlahan yang sudah didihkan. Caranya dengan menuangkan ke bagian tengah lalu dilanjutkan dengan gerakan melingkar.
  • Tunggu hingga proses dripping selesai.
  • Tuangkan ke cangkir dan kopi siap dinikmati.

Trik jitu kedua untuk membuat kopi tanpa harus menggunakan coffee maker adalah menggunakan saringan biasa yang ada di rumah Anda. untuk mendidihkan air, Anda sebaiknya menggunakan ketel teh dan jika tidak ada bisa Anda gunakan ketel. Anda juga bisa menggunakan panci elektrik dan kemudian atur panas di posisi antara medium dan full heat. Masukkan bubuk kopi dengan takaran 1-2 sdm untuk 1 cangkir air. Masukkan air panas ke bubuk kopi dan rendam selama 3 menit. Aduk merata dan diamkan lagi 3 menit. Siapkan cangkir dan beri saringan di atasnya lalu tuangkan air kopi tersebut. Anda bisa menambahkan susu atau gula atau creamer.

Ketiga adalah dengan mengangkat kopi di kertas penyaring. Metode ini bisa membuat kopi dengan rasa yang tidak terlalu pekat dan kuat. Anda bisa menggunakan 2 sdm bubuk kopi (30 ml) per 1 cangkir air (250 ml). Didihkan air hingga suhu 90-92oC kemudian tuangkan atau taruh bubuk kopi ke saringan kertas yang Anda siapkan. Ikat penyaring tersebut seketat mungkin agar bubuk kopi tersebut tidak keluar saat diseduh.

Taruh ikatan kopi tersebut di cangkir lalu tuangkan air mendidih hingga kopi tersebut terendam. Diamkan kopi tersebut untuk 3-4 menit agar kopi terseduh sempurna. Untuk mendapatkan rasa kopi yang lebih kuat, Anda bisa merendam kopi tersebut selama 4-5 menit dan untuk rasa yang tidak terlalu kuat, Anda bisa merendamnya 2-3 menit. Setelah itu angkat kopi tersebut dan minuman Anda bisa diberi gula. Lewat trik jitu tersebut, Anda bisa membuat kopi yang nikmat setiap harinya.

 

Baca Juga:   Inspirasi Berjuang Mencapai Kesuksesan Bisa Datang dari Film Inspiratif Ini

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More