6 Aplikasi Mengecilkan Ukuran Foto yang Mempermudah Pekerjaanmu

File foto memang akan dipergunakan dalam berbagai dokumen ataupun sekedar untuk mengoleksi dan menjadikannya kenangan.  Dalam berbagai dokumen, seperti CV, ataupun di berbagai sosial media, peran foto memang sangat efektif dalam pengenalan diri ke orang lain. Namun bagaimana jadinya jika foto yang kamu inginkan tidak bisa untuk dimuat di akun sosmed ataupun lampiran berkas yang akan kamu submit? Tenang saja, sekarang ini sudah tersedia berbagai aplikasi kompres foto online ataupun offline sehingga kamu akan dengan mudah mengganti resolusi fotomu agar bisa digunakan semestinya dan tidak akan mengurangi kualitas foto yang dihasilkan.

Aplikasi mengecilkan ukuran foto memang sangat bermanfaat untuk digunakan dalam berbagai kesempatan. Tentunya kamu bisa melakukannya sendiri tanpa bantuan orang lain, berikut beberapa aplikasi mengecilkan ukuran foto yang bisa kamu gunakan:

  1. Q Reduce Lite

Aplikasi ini sangat bermanfaat dalam mengompres ukuran foto. Kamu bisa menginstal aplikasi ini dari Playstore. Setelah selesai menginstallnya, kamu bisa memilih foto mana yang akan kamu kompres, kemudian foto akan muncul beserta dengan ukuran fotonya. Langkah selanjuntya adalah kamu cukup memilih berapa ukuran foto yang akan kamu kompres dalam KB ataupun MB dan klik star, kemudian kamu bisa mendapatkan foto dengan ukuran yang kamu mau.

 

  1. Compressor.io

Selain offline, tentunya kamu bisa menggunakan aplikasi kompres foto secara online salah satunya adalah compressor.io. Aplikasi ini bisa memperkecil foto dengan format JPEG, JPG, ONG, GIF, dan SVG. Aplikasi ini lumayan efektif dikarenakan berbentuk web karena bisa diaplikasikan melalui perangkat  apapun. Namun, jika ingin menggunakan aplikasi ini, kamu hanya bisa mengompres foto yang mempunyai ukuran sampai 10 MB.

 

  1. Tiny PNG

Tak perlu khawatir kualitas foto yang akan kamu kompres, karena menggunakan aplikasi online ini tidak akan mengurangi kualitas dari foto tersebut. Namun sayangnya, kamu hanya bisa mengompres file foto dengan format PNG dan JPG saja. Untuk file dengan format PNG, kamu bisa mengompres sebanyak 20 foto dengan masing-masing ukuran foto tidak sampai berukuran 5 MB. Yang lebih menarik lagi dari aplikasi ini adalah terdapat fitur plug in untuk photoshop.

 

  1. Photo Compress

Aplikasi android ini bisa dengan mudah kamu download di playstore dan tunggu sampai proses install selesai. Aplikasi ini cukup direkomendasikan bagi yang sering mengedit foto karena tidak hanya mengcrop foto, tetapi juga me-resize foto.

Untuk kamu yang sering mengupload foto di media sosial, maka kamu bisa menggunakan fitur quick compress dan resize ataupun bisa langsung membagikan foto di media sosial. Tentunya kualitas gambar yang dihasilkan juga tetap bagus dan tentunya akan banyak yang menyukai fotomu. Selamat mencoba.

 

  1. Image Optimizer

Aplikasi kompres foto selanjutnya ini bisa kamu unggulkan karena mempunyai kemampuan mengompres foto dari ukuran 1.5 MB menjad 6 KB. Aplikasi ini lumayan diminati oleh kebanyakan netizen karena terbukti meresize ukuran foto dengan baik. Namun yang disayangkan adalah aplikasi ini hanya bisa mengompres foto yang memiliki format PNG dan JPG.

 

  1. Photo Resizer

Aplikasi ini mempunyai kemampuan yang tak jauh beda dengan aplikasi kompres foto lainnya. Aplikasi ini juga menghasilkan hasil kompresan yang tidak mengurangi kualitas fotonya. Pengguna juga akan dimudahkan dengan fitur share dalam membagikan fotonya di media sosial lainnya.

Nah, mudah kan untuk membuat ukuran fotomu lebih kecil tanpa mengurangi kualitas fotonya. Untuk info selengkapnya, baca di sini.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *