Home TIps dan Trik 8 Tips Belajar Bersama Anak Anda

8 Tips Belajar Bersama Anak Anda

by Diane Lowe

Tips Belajar – Anak-anak lebih berhasil di sekolah ketika orang tua membantu dan mengembangkan minat aktif dalam PR (pekerjaan rumah) mereka – hal tersebut akan  menunjukkan kepada anak-anak Anda bahwa apa yang mereka lakukan adalah penting untuk pembelajaran di masa depan.

Tentu saja, membantu mengerjakan PR mereka tidak harus membuat waktu Anda terbuang secara percuma. Orang tua dapat mendukung anak-anak mereka dengan menunjukkan kemampuan belajar dan komunikasi yang baik kapanpun.  Seperti menjelaskan masalah rumit, atau hanya mendorong anak-anak untuk istirahat. Dan siapa tahu? Orang tua mungkin bisa bahkan belajar satu atau dua hal dari mereka.

Berikut adalah beberapa 8  tips belajar bersama anak Anda:

  • Mengetahui guru anak Anda di sekolah. Menghadiri acara sekolah. seperti pertemuan orangtua – guru, untuk memenuhi undangan dari tempat sekolah anak Anda. Tanyakan tentang kebijakan PR mereka dan bagaimana Anda harus terlibat.
  • Mengatur area  ruangan yang ramah. Pastikan anak-anak memiliki tempat yang layak untuk menyelesaikan PR mereka dari sekolah. Menjaga persediaan – kertas, pensil, lem, gunting – dalam jangkaua mereka. Dan usahakan dalam beberapa saat Anda ada di samping anak Anda.
  • Jadwalkan waktu belajar yang teratur. Beberapa anak-anak belajar di sore hari, ditemani camilan dan pengawasan Anda. Orang  tua lain mungkin lebih memilih untuk menunggu sampai setelah makan malam. Dengan mengatur jadwal mereka dalam menyelesaikan PR Anda telah berpartisipasi menjaga komunikasi.
  • Membantu mereka membuat rencana PR berat atau ketika ada ujian. Anda harus memotivasi mereka untuk harus menyelesaikan PR mereka dengan maksimal. Buat jadwal belajar untuk malam jika diperlukan – dan mengambil waktu untuk 15 menit istirahat setiap jam, jika memungkinkan.

    Baca Juga: 5 Tips Belajar Menjelang Ujian Sekolah

  • Pastikan anak-anak melakukan pekerjaan  PR mereka sendiri. Mereka tidak akan belajar jika mereka tidak berpikir untuk diri mereka sendiri dan membuat kesalahan sendiri. Orang tua dapat membuat saran dan membantu dengan arah. Tapi PR yang diberikan sekolah mereka, haruslah anak Anda yang menyelesaikannya apapun yang terjadi agar mereka bisa meningkatkan pengetahuan mereka.
  • Menjadi motivator dan pemantau. Semisal bertanya tentang tugas, dan tes. Teruslah berikan dorongan, memeriksa pekerjaan rumah  mereka sampai selesai, dan membuat diri Anda bersedia untuk menjawab pertanyaan dan kekhawatiran mereka akan PR mereka. Anda harus tetap tenang.
  • Menetapkan contoh yang baik. Apakah anak-anak Anda pernah melihat Anda rajin bangun pagi, makan-makanan yang sehat  atau membaca buku? Anak-anak lebih cenderung mengikuti contoh orangtua mereka dalam beraktifitas di rumah.
  • Pujilah kerja dan usaha mereka ketika PR mereka selesai. Karena dengan begitu mereka akan merasa dihargai oleh Anda .

Semoga 8 tips belajar di atas bisa Anda terapkan bersama anak Anda dan semoga bermanfaat.

Baca Juga:   Tips Sukses yang Bisa Anda Terapkan untuk Membawa Anda ke Depan Pintu Keberhasilan di Masa Depan

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More