Home TIps dan Trik 5 Tips Belajar Menjelang Ujian Sekolah

5 Tips Belajar Menjelang Ujian Sekolah

by Diane Lowe

Banyak dari kita, yang kadang merasa gelisah dan panik ketika menghadapi ujian sekolah. Sebenarnya, itu bukanlah cara yang baik untuk menghadapi ujian yang sudah ada di depan mata. Jauh dari waktu menjelang ujian di sekolah, Anda sudah mempersiapkan diri Anda untuk segala macam ujian yang diberikan sekolah. Di bawah ini kami akan memberikan 5 tips belajar menjelang ujian sekolah.

  • Berikan diri Anda cukup waktu untuk belajar.

Jangan biarkan diri Anda terlena pada waktu dan sementara beberapa siswa tampaknya berkembang menjelang ujian. Secara luas bahwa bagi kebanyakan dari kita, ini bukan cara terbaik untuk mendekati ujian. Anda harus menetapkan jadwal untuk studi Anda. Tuliskan berapa banyak ujian yang Anda miliki. Kemudian Anda harus mengatur studi yang Anda pahami lebih dari teman-teman Anda. Anda mungkin ingin memberikan beberapa ujian waktu belajar lebih dari yang lain, sehingga menemukan keseimbangan dan rasa nyaman. Temukan tips belajar Anda di sela-sela waktu tersebut dengan kreatif.

  • Mengatur ruang belajar Anda.

Pastikan Anda memiliki cukup ruang untuk menyebarkan buku dan catatan  penting Anda. Apakah Anda punya cukup cahaya lampu? Apakah kursi Anda nyaman? Apakah game komputer Anda jauh dari pandangan Anda?

Anda harus mencoba dan menyingkirkan semua gangguan, dan pastikan Anda merasa nyaman dan bisa fokus sedalam mungkin. Bagi sebagian orang, ini mungkin berarti keheningan. Untuk orang lain, musik kadang juga membantu menambah semangat belajar. Beberapa dari kita membutuhkan semuanya benar-benar rapi dan terorganisir dalam rangka untuk berkonsentrasi, sementara yang lain berkembang dalam lingkungan yang lebih berantakan.

  • Jelaskan jawaban Anda dengan orang lain.

Orang tua dan saudara-saudara Anda tidak perlu mengganggu Anda pada sekitar waktu ujian! Anda bisa memanfaatkan mereka setelah Anda selesai belajar. Dengan menjelaskan jawaban Anda dengan membagikan pertanyaan kepada mereka

Baca Juga: Tips Belajar Menghadapi Ujian

  • Mengatur kelompok belajar dengan teman-teman.

Coba buat kelompok belajar dengan teman-teman untuk sesi studi. Anda mungkin memiliki pertanyaan bahwa mereka memiliki jawaban dan sebaliknya. Selama Anda pastikan Anda tetap fokus pada topik untuk jumlah waktu yang disepakati, ini dapat menjadi salah satu cara yang paling efektif untuk menantang diri sendiri dalam meningkatkan belajar.

  • Ambil istirahat secara teratur.

Jika Anda belajar secara maraton dan tidak mempunyai waktu istirahat. Anda akan mudah merasa lelah dan mengantuk. Anda harus mempunyai jadwal istirahat yang cukup. Demikian penelitian telah menunjukkan bahwa untuk retensi jangka panjang belajar, mengambil istirahat secara teratur benar-benar membantu.

Setiap orang berbeda, sehingga mengembangkan rutinitas studinya pun berbeda. Jika Anda belajar lebih baik di pagi hari, Anda harus mengambil istirahat pada waktu makan siang. Atau jika Anda lebih produktif di malam hari, di sore hari Anda harus beristirahat.

Cobalah untuk tidak merasa bersalah jika sedang berada di luar menikmati sinar matahari bukan membungkuk di atas buku teks Anda terus menerus. Ingat Vitamin D penting untuk otak yang sehat!

Semoga tips belajar menjelang ujian di atas bisa bermanfaat bagi Anda dan bisa Anda jadikan bahan referensi sebelum ujian Anda.

 

Baca Juga:   6 Manfaat Madu untuk Bibir Lebih Halus dan Menawan

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More