Home TIps dan Trik 4 Tips Belajar Membaca Puisi di Depan Umum Untuk Pemula

4 Tips Belajar Membaca Puisi di Depan Umum Untuk Pemula

by Diane Lowe

Biasanya setiap tahun di SMP atau di SMA ada perlombaan seni antar sekolah. Salah satu perlombaan yang cukup banyak diminati adalah perlombaan membaca puisi. Yang cukup banyak animo dan peminatnya dari para siswa-siswa. Untuk itu kami akan akan berikan kepada kamu-kamu sekalian, tips belajar membaca puisi di depan umum. Tips ini dimaksudkan agar kalian bisa lebih bagus dan maksimal dalam membacakan sebuah puisi hasil karangan/karya sendiri atau karya para penulis puisi yang sudah terkenal namanya.

Berikut 4 tips belajar membaca puisi di depan umum untuk pemula:

#Anda harus tenang. Jika nama Anda dipanggil sebagai peserta lomba baca puisi antar siswa. Anda harus tenang. Karena poin ini adalah yang menentukan semuanya di depan para juri. Kalau Anda sudah nervous atau gugup saat di depan mereka. Bisa dipastikan Anda tidak akan maksimal saat membacakan puisi yang Anda pilih. Anda harus tenang. Saat berjalan ke depan panggung. Memberi salam dan di saat memegang lembar puisi di depan Anda. ketenangan ini kadang jarang dimiliki oleh para peserta lomba baca puisi. Mereka sudah keburu gugup.

Baca Juga: 5 Manfaat Baca Buku

#Anda harus meresapi. Anda juga harus punya sikap satu ini. Yakni meresapi segala isi dalam puisi yang Anda pilih. Anda harus mempunyai nilai intuitif perasaan, emosional dan pengungkapan ekspresi yang maksimal.  Apabila Anda meresapi puisi yang Anda baca maka pesannya bisa sampai ke penonton dan para juri. Karena puisi itu berbeda dengan karya sastra lainnya. Puisi mengandung perasaan yang biasanya agak mendalam, dan penuh dengan perhitungan saat menuliskannya. Jadi Anda harus meresapi segala kata, kalimat dan isi maksud tujuan puisi tersebut. Apabila puisi yang Anda pilih bertemakan kesedihan maka, Anda harus membacanya dengan raut wajah yang sedih dan kalau bisa menitikan airmata. Kalau puisi yang anda pilih bertemakan tentang sosialpolitik atau kritik sosial. Maka Anda membacanya harus penuh dengan ekspresi semangat, dan penuh dengan daya.

#Anda harus berekspresi. Membaca puisi haruslah seekspresi mungkin. Karena kalau anda membaca puisinya adem kalem saja, maka penonton tidak akan terbawa pada suasana puisi yang anda bacakan alias monoton. Anda harus mengeluarkan segala kemampuan Anda. seperti aksi teaterikal, menguasai audience, menguasai panggung dan tentu saja Anda harus menguasai diri Anda sendiri. Jangan sampai berlebihan atau meloncat-loncat tidak jelas. Jangan sampai Anda terbawa pada ketidakstabilan yang biasanya banyak terjadi pada beberapa pembaca puisi.

#Anda harus menguasai teks. Nah, ini tips belajar membaca puisi yang kadang dilupakan oleh para pembaca puisi pemula. Anda harus menguasai teks yang anda baca. Seperti memahami isi dan tema puisi tersebut.

Baca Juga:   10 TIPS SUKSES DI USIA MUDA

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More